Epitaph

Epitaph Tragis Memainkan emosi pembaca Membuat kita mereka reka mana fiksi dan mana fakta Gerson Poyk sastrawan dan wartawa senior Hidup terdiri dari banyak kisah Anggapan hidup adalah realitas jadi bias ka

  • Title: Epitaph
  • Author: Daniel Mahendra
  • ISBN: 9786028556170
  • Page: 455
  • Format: Paperback
  • Tragis Memainkan emosi pembaca Membuat kita mereka reka mana fiksi dan mana fakta.Gerson Poyk, sastrawan dan wartawa senior Hidup terdiri dari banyak kisah Anggapan hidup adalah realitas jadi bias, karena setiap hari terhampar di hadapan kita kisah kisah manusia luar biasa yang seolah fiksi, mampu menerobos batas akal manusia Seperti halnya Epitaph menyodorkanTragis Memainkan emosi pembaca Membuat kita mereka reka mana fiksi dan mana fakta.Gerson Poyk, sastrawan dan wartawa senior Hidup terdiri dari banyak kisah Anggapan hidup adalah realitas jadi bias, karena setiap hari terhampar di hadapan kita kisah kisah manusia luar biasa yang seolah fiksi, mampu menerobos batas akal manusia Seperti halnya Epitaph menyodorkan antara realitas dan fiksi Membaca Epitaph kita bertanya tanya, apakah ini berdasarkan realitas ataukah fiksi Bahkan di akhir cerita, justru kita memiliki fantasi sendiri, jangan jangan tulisan di batu nisan itu adalah diri kita Gola Gong, pengarang, pemimpin redaksi rumahdunia Epitaph adalah novel yang mengemas dunia jurnalistik dan film, ditulis dengan semangat menggabungkan antara suspens dan romantik Sedap.Kurnia Effendi, penulis memoar Hee Ah Lee The Four Fingered Pianist Mengalir dengan kisah dan data yang cukup kuat Novel Epitaph menyajikan kisah berbingkai dan pecahan alur yang indah di tiap babnya untuk membangun utuh fenomena yang lebih pelik hegemoni negara.Semata mata bukan buruknya sistem penerbangan kita, bukan juga lembaga pemerintahan yang mendistorsi kenyataan demi tujuan bersifat material, novel bagian awal dari trilogi ini secara cair mengisahkan problem yang lebih rumit bila dijelaskan dengan fakta oleh para ilmuwan, jurnalis atau pun politisi.Sihar Ramses Simatupang, finalis 10 besar Khatulistiwa Literary Award 2009 untuk kategori sastra Epitaph mengolah tema cinta dengan gaya ungkap yang menarik untuk direnungkan Ada banyak pertanyaan filosofis yang diselipkan dalam benak para tokohnya, yang membuat kita bertanya tanya dengan sesungguh hati, misal apa itu cinta dan dicintai, atau apa itu cinta dan mencintai Epitaph tidak hanya bercerita atau berkisah lewat tokoh tokoh yang dihidupkannya, akan tetapi juga ia tengah menggugat kesadaran kita agar kembali memahami dengan sesungguh hati tentang apa itu cinta dan dicintai dalam pengertian seluas luasnya.Soni Farid Maulana, finalis 5 besar Khatulistiwa Literary Award 2006, 2007 dan finalis 10 besar 2009 untuk kategori puisi Apa yang ada dalam benak kita seandainya kekasih kita, pasangan hidup kita, anak kita, atau orangtua kita hilang dan tak tahu berada di mana Siapa yang mesti disalahkan Siapa yang mesti bertanggung jawab Dan siapa yang mesti mencari yang bertanggung jawab Novel Epitaph bercerita tentang secuil sejarah dunia perfilman di Indonesia yang dibalut dengan sebuah kejadian pelik berupa hilang dan jatuhnya helikopter di daerah Gunung Sibayak, Sumatera Utara, yang dinaiki oleh kru film dari sebuah Production House Jakarta ketika sedang melakukan pengambilan gambar dari udara.Kru film yang terdiri dari dua mahasiswa IKJ Institut Kesenian Jakarta serta seorang wartawan yang menjadi sutradara menggunakan sebuah helikopter milik TNI Angkatan Darat Persoalan terjadi ketika helikopter tersebut putus kontak dan hilang secara mendadak saat mulai terbang dari Bandara Polonia Medan TNI AD lantas tidak mengakui kepada pers bahwa helikopter tersebut membawa serta kru film Mereka memang mengakui bahwa helikopternya hilang, namun tidak berisi penumpang, melainkan semata pilot dan kopilot anggota TNI ADI AD menyisir lereng lereng Gunung Sibayak, berpatokan pada jadwal rutin terbang mereka Sementara tim SAR swasta melakukan penyisiran Gunung Sibayak, berpatokan pada denah kru film mengambil gambar dari udara TNI AD tetap bersikeras helikopternya tidak berisi penumpang Tim SAR swasta tidak bisa melawan Media massa menunggu peran Dan dunia film Indonesia pun geger.Hingga sebulan masa pencarian, helikopter tetap tidak ditemukan Tim SAR swasta memutuskan untuk menghentikan pencarian Pencarian dianggap selesai Helikopter dinyatakan hilang Persoalan dianggap mengambang Adakah hidup semata penungguan

    • ☆ Epitaph || ☆ PDF Download by ð Daniel Mahendra
      455 Daniel Mahendra
    • thumbnail Title: ☆ Epitaph || ☆ PDF Download by ð Daniel Mahendra
      Posted by:Daniel Mahendra
      Published :2018-09-06T04:12:20+00:00

    One thought on “Epitaph

    1. lita

      I’m tired, Lita. Please wake me up before the dinner time.Kalimat itu diucapkan Jay – begitu dia biasa dipanggil - saat pamit untuk tidur. Tapi siapa sangka, itulah kalimat terakhir yang ia ucapkan. Jay, tunangan saya itu, tertidur dan tidak pernah bangun lagi. Ia pergi di sore itu, di hari tepat dua tahun kami bertunangan, tepat di hari ulang tahun saya, dan tepat dua minggu sebelum kami menikah.Kenangan akan Jay yang wafat enam tahun lalu masih terus membekas di benak saya. Kenangan yang t [...]

    2. Aveline Agrippina

      Pernah merasakan kehilangan? Saya pernah. Kehilangan bukanlah hal yang mudah ditaklukkan apalagi dengan kedatangannya yang begitu mendadak.Telepon pagi itu benar-benar mengejutkan saya. Tak ada firasat apa pun yang dapat meyakinkan bahwa memang benar beliau sudah tiada. Empat tahun saya menjadi anak angkatnya secara tidak langsung. Saya dan beliau mengasihinya sebagai anak dan ayah. Walaupun beliau bukanlah ayah biologis saya, saya merasakan cintanya sebagai anaknya sendiri.Pagi itu, saya hendak [...]

    3. Indri Juwono

      #2011-57Surat yang tak kunjung usai,Dan,Sudah banyak yang memperingatkan bahwa novel ini adalah memoar kematian, yang menceritakan kenangan-kenangan akan ditinggalkan seseorang yang amat disayangi. Tapi tetap saja terbit rasa ingin tahuku, karena kematian selalu menimpulkan tanya kenapa, dan pengungkapan misteri di baliknya. Bukan satu perkara mudah untuk menggambarkan kisah di balik jatuhnya helikopter dan hilang berbulan-bulan, jika tidak pernah berada dalam situasi yang mirip. Dan misteri bis [...]

    4. Nura

      Huaaa… sebel, sebel, sebel typo-nya bikin gak nyaman baca. Editor memang manusia tapi kalo sebanyak itu ‘kan. Blom lagi catatan kaki yang gak penting-penting dan gak perlu-perlu amat. Mengganggu deh ditambah lagi bahasanya yang nanggung antara mau kasual atau baku. Ini yang paling nggak konsisten menurut gw Karena kami yakin, pada dasarnya media tahu. Sangat tau. (hlm. 324) sepele tapi bikin ilfil.Satu bintang buat isu yang diangkat dalam buku ini. Satu bintang buat foto cover yang kereeeeen [...]

    5. Syafruddin

      Novel Epitaph bercerita tentang secuil sejarah dunia perfilman di Indonesia yang dibalut dengan sebuah kejadian pelik berupa hilang dan jatuhnya helikopter di daerah Gunung Sibayak, Sumatera Utara, yang dinaiki oleh kru film dari sebuah Production House Jakarta ketika sedang melakukan pengambilan gambar dari udara.Kru film yang terdiri dari dua mahasiswa IKJ (Institut Kesenian Jakarta) —Laras Saraswati dan Tedi, serta seorang wartawan yang menjadi sutradara (Birhi Lantang) menyewa sebuah helik [...]

    6. Evi Yuniati

      Siapa yang pernah merasakan kehilangan orang yang dicintai atau dikasihi? Baik itu orang tua, sahabat, saudara, suami/istri, pacar. Apa yang dirasakan saat kehilangan orang yang dikasihi? Pertanyaan seperti ini tidaklah perlu dipertanyakan. Pasti rasa sedih, kehilangan yang dirasakan.Aku pernah merasakan kehilangan. Kehilangan seorang ibu yang begitu aku kasihi. Penyakit kencing manis sudah merenggut beliau dari sisiku. Saat itu rasa hancur, sedih kurasakan saat aku diminta melihat posisi beliau [...]

    7. Harun Harahap

      Langsung saja pada kritik saya atas buku ini:1. Catatan kakinya tidak penting. Kepanjangan dari UI, IKJ, Unpad, UMPTN, KUD dan lain-lainnya tidak penting untuk dijelaskan karena dari konteks kalimatnya sudah mudah diketahui apa kepanjangan kata-kata tersebut. Istilah briefing, base camp, adrenalin dan lainnya sudah menjadi istilah umum yang sudah diketahui artinya, jadi tidak perlu diberikan catatan kaki.2.Pengulangan cerita yang tidak perlu karena tidak memberikan efek apa-apa selain efek membo [...]

    8. NRifa

      Novel yang mengangkat kejadian nyata atas tragedi gunung Simbayak, hilangnya helikopter yang disewa milik angkatan darat saat pembuatan film dokumenter mahasiswa IKJ. Alur ceritanya membuat bulu kuduk berdiri namun menghanyutkan. Detail informasi lokasi dan tempat yang disebutkan didalamnya memberikan pengetahuan pada kita dengan jelas, setidaknya membawa kita merasa berada di daerah tersebut.(*meski cari cari catatan kaki aga ribet :D)Juga beberapa daerah Jawa Timur yang disebutkan dalam novel [...]

    9. Truly

      Epitaph adalah tulisan singkat pada batu nisan untuk mengenang orang yang dikubur di dalamnya.Secuil kalimat yang membuatku tertarik pada buku ini. Plus rokomendasi seorang teman yang menyatakan novel ini adalah novel misteri, ada kisah nyatanya, ada horor pokokenya diramu dengan ok. Cukup menggoda Namun begitu dibaca, terus terang saya sempat jadi bingung. Kok untuk menceritakan kenapa sang tokoh wanita memilih jurusan IKJ serta kesukaan terhadap film membutuhkan sekitar 10 halaman. Saya tering [...]

    10. Sekar88

      Hmm pertama menarik buku ini dari perpustakaan. Hal yang terlintas dipikiran saya adalah ini pasti tentang kematian. dan saya benar. Ini adalah buku tentang kematian. Tapi bahwa ini bukan kematian biasa bukan juga sebuah kejadian pembunuhan dan cerita horor berujung kematian. Ini adalah kisah tentang bagaimana seseorang sebelum dia mati. ini kisah hidupnya sebelum dia meninggal. Adalah sebuah kasus jatuhnya pesawat pada tahun 1994 di pegunungan Sibayak Medan. walaupun kisah ini tidak murni fakta [...]

    11. RifaiSumaila

      Awalnya terlalu bertele-tele, tapi di akhir cerita buku ini berhasil membuat saya larut dalam ceritanya, tragis dan cukup mengaharukan hingga berhasil membuat sosok "Laras" terngiang dalam pikiran

    12. Fia Yuna

      Terlalu banya lembaran berisi penjelasan gak penting. Pergerakan cerita terlalu lamban dan buat jenuh membacanya.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *